Jumat, 26 Oktober 2007

Mengembangkan Mental untuk Sukses - Bag 1

Pembaca yang budiman,

Percaya atau tidak, saya telah banyak berbincang2 dengan banyak orang tentang materi artikel berikut, dan mereka bilang bahwa hal yang saya katakan sudah basi… Kesalahan besar.

Ok, anda juga mungkin telah membaca dan mendengar isi dari artikel ini, dan anda akan melihatnya sekali lagi karena hal ini begitu penting.

Ketika anda akhirnya paham dan mencapai kesuksesan yang anda inginkan, anda akan melihat artikel ini dan akhirnya benar2 menghargai hal yang mungkin anda anggap sudah basi.

Jadi, tanpa basa-basi, mari kita bicara tentang “SUKSES”.

Apakah anda masih mencari2 kesuksesan anda ?

Kalau ya, selamat, pencarian anda sudah berakhir, kesuksesan itu ada di depan mata anda !

Ya, saya bilang di depan mata anda. Bisa anda lihat ?

Bukan, bukan di layar komputer tempat anda membaca artikel ini…

Tetapi di dalam kepala anda.

Di sanalah kesuksesan itu akan ditemukan. Itulah tempat satu2nya. Bukan di sebuah website, sebuah produk, pasangan atau program promosi.

Mau bukti ?

Pernahkah anda berpikir apa bedanya anda dengan Bill Gates selain US$ 50 milyar ?

Bukan pada gelarnya (dia didrop-out dari sekolah), bukan pada relasi dan kenalannya (dulu sebagai orang miskin dia kuper).

Adalah pada “pikiran”-nya dan “pikiran” anda. Itulah dia. Pemikiran anda adalah satu2nya perbedaan antara anda dengan Bill Gates.

Apa artinya ? Artinya, anda berada di kondisi anda saat ini karena dulunya anda memilih untuk berada di kondisi tersebut. Baik atau buruk, itu karena keputusan anda. Pikiran anda membawa anda kepada sebuah keputusan, yang di mana menentukan hidup anda saat ini.

Pikiran adalah nyata. Senyata kursi yang anda duduki. Pikiran begitu nyata dan kuat, bahkan pikiran mampu menentukan diri anda sedetil2nya. Dari panjangnya kuku anda, makanan yang anda makan, pekerjaan anda dan kebahagiaan di hati anda ? Apa lagi yang sekuat itu ?

Orang2 dan prospek2 anda memilih dari pilihan yang anda berikan. Anda harus memilih pilihan yang tepat dari pilihan yang anda berikan sendiri.

Pikiran bisa saja baik. Bisa saja buruk. Tapi yang penting mengenai hal itu adalah bahwa anda 100% berkuasa atas pikiran anda. Bahkan, pikiran anda adalah satu2nya hal di dunia ini yang mutlak 100% anda kuasai. Sangat ironis bahwa sebagian besar orang meremehkan kekuatan pikiran dan menolak untuk mengontrol kekuatan terbesar di semesta ini.

Faktor terbesar yang akan menentukan anda sukses di bisnis anda adalah bagaimana anda menciptakan mental pikiran yang mendorong dan menguatkan anda sendiri untuk mengambil tindakan harian dan kedisplinan yang diperlukan untuk sukses.

Bukan perusahaan. Bukan produk. Bukan situs atau CD2. Bukan tim upline anda.

Anda dan hanya anda. “Anda akan selalu tidak sukses, selama anda masih bergantung kepada orang lain untuk membuat anda sukses”- Dan Kennedy.

Tergantung pada apakah anda melatih otak anda untuk berpikir sebagai seorang pengusaha yang sukses, dan pada akhirnya anda pun akan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Kata2 anda ke diri anda yang akan menentukan segalanya. Anda bisa membawa diri anda ke dalam kesuksesan semudah anda membawa diri anda menuju kegagalan. Apapun yang anda pikirkan dan renungi, itulah yang akan anda dapatkan !


Hal pertama yang harus anda sadari adalah, bahwa segalanya yang anda butuhkan untuk sukses sudah ada di dalam diri anda dan terimalah kenyataan itu !


Orang2 sukses melakukan hal2 yang tidak dilakukan oleh orang2 gagal. Dan orang2 gagal tersebut melakukan hal2 yang menyebabkan kegagalan lewat sebuah keputusan alam bawah sadar mereka. Keputusan2 untuk gagal inilah yang sulit untuk dilepaskan dari alam bawah sadar, karena pikiran mereka diikuti dengan logika2 (alasan2 tersembunyi) sebagai pembenaran atas kondisi mereka. Jika anda tidak berhati2, pikiran mereka pun bisa meracuni pikiran anda…

Alasan2 seperti :

Saya terlalu sibuk…

Saya terlalu capek…

Saya tidak ada uang…

Saya tidak punya waktu…

Pasangan saya tidak setuju…

Saya sudah pernah coba…

Saya gendut…

Saya botak…

Saya tidak berpendidikan…

Saya tidak suka jualan…

Saya ingin bisnis yang lain…

Saya tidak kenal orang lain yang tertarik…

Saya tidak cukup pantas…

Lihat daftar di atas, dan anda minimal akan menemukan 3 alasan yang bisa membuat anda berpikir bahwa anda tidak akan sukses.

Apakah hal2 di atas benar2 sebuah “kendala” atau hanya sebuah “alasan pembenaran” ?

Inilah faktanya : Jika anda tidak bisa melakukan sesuatu. Hal itu karena anda tidak benar2 ingin melakukannya.


Setiap kali anda berkata “tidak bisa”, segera ubah menjadi “tidak mau”, dan lihat apakah alasan anda masih masuk di akal. Sesederhana itu, dan anda akan langsung menunjukkan ke diri anda sendiri betapa penuh dusta dab pemalasnya diri anda ! Ketika itu akhirnya anda akan sadar bahwa anda memiliki segenap kekuatan untuk mengubah diri, kondisi dan sikap anda dalam segala hal.

Sekarang saatnya untuk evaluasi…

Apakah anda mau untuk bekerja lebih keras ? Apakah anda mau bekerja semaksimal dan seprofesional mungkin ?

Apa yang anda rela korbankan hari ini untuk mendapatkan hal yang anda inginkan di masa datang ?

Apakah anda rela membuang kebiasaan2 jelek, pikiran2 negatif dan orang2 negatif ?

Ada sebuah kutipan : “Dia yang mempunyai, akan diberikan lebih. Dia yang tidak memiliki apapun… bahkan barang paling tidak bernilai akan diambil darinya”.

Ini berarti di dunia nyata, orang yang mempunyai kekayaan akan diberi lebih banyak. Orang yang miskin akan diambil harta miliknya bahkan sampai ke benda yang paling tidak berharga.

Logis kan orang kaya bertambah kaya ?

Mari saya jelaskan relevansinya dengan pikiran. Orang yang berpikir bahwa dirinya kaya, akan terus bertambah di pikirannya mengenai berubah menjadi kaya. Orang yang selalu berpikir dirinya miskin, akan selalu bertambah di pikirannya untuk berubah menjadi lebih miskin.

Kenapa ?

Karena pikiran yang konsisten akan menciptakan sebuah pola. Pola tersebut akan menghasilkan kepercayaan, sikap dan nilai. Hal2 tersebut akan menyebabkan tindakan. Tindakan pasti menghasilkan sesuatu.

Benih jeruk tidak akan menghasilkan anggur dan ayam tidak akan melahirkan seekor kuda.

Setiap benih pikiran akan menghasilkan hal yang sejalan dengan pikiran tersebut.

Coba lihat contoh alasan dari seorang prospekan saya beberapa bulan lalu :

Tolong jangan hubungi saya lagi, saya tidak suka sikap tidak beragama anda. Kenapa anda berpikir saya mencari informasi tambahan. Saya tidak suka ditekan dalam mengambil keputusan. Dan yang anda berikan hanyalah kesaksian2. Selamat tinggal.”

Hanya dalam kalimat yang singkat itu, dia sudah memberikan 3 pembenaran kenapa dia tidak akan pernah mencapai tujuan hidupnya :

  1. Saya tidak suka sikap tidak beragama anda.

  2. Saya tidak suka ditekan dalam mengambil keputusan.

  3. Anda hanya memberikan kesaksian2.

Kenyataannya adalah, pikiran Budi (kita sebut saja namanya begitu) sedang mencari begitu banyak alasan pembenaran untuk tetap menjaga kondisi hidupnya tetap seperti sekarang. Dia mencari2 alasan untuk membenarkan kegagalan dia karena sukses itu membutuhkan perubahan, dan dia sudah ketagihan untuk tetap terkubur di dalam penderitaan.

Jika anda belum menjadi apa yang anda mau, atau berada di mana yang anda mau, anda harus menjadi orang lain karena pribadi anda saat ini tidak sejalan dengan tujuan anda.

Dan anda bisa berubah ! Jika anda dicekoki oleh orang2 dengan kebohongan bahwa anda tidak akan bisa berubah, buang jauh2 hal itu. Dobrak tembok pembatas anda dari pikiran anda selama2nya. Tembok itu tidak lebih dari sebuah pembenaran dan alasan paling umum yang pernah dihasilkan.

Hal yang perlu anda lakukan untuk berubah hanya dengan mulai merubah pikiran anda. Hidup anda adalah manifestasi fisik pikiran anda, yang 100% bisa dikendalikan oleh anda, dan oleh sebab itu 100% bisa anda ubah. Anda harus melatih otak anda berpikir secara berbeda jika anda ingin menginginkan hasil yang berbeda.

Jadi bagaimana cara anda berubah untuk menciptakan kekayaan dan kesuksesan dalam hidup anda ? Itu akan saya bahas di bagian ke-2 artikel ini

Salam dari Bandung,

David, SE

Be_Finet@yahoo.com

SISTEM TERBARU : “Ijinkan saya menunjukkan kepada anda mudahnya memiliki bisnis beromzet milliaran lewat internet…” http://befinet.cjb.net

Tidak ada komentar: